Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan | IAIN Pekalongan

Mahasiswa PGRA Kunjungi TK Alam dan Labschool UPI Bandung

E-mail Print PDF

Baru-baru ini untuk yang kedua kalinya Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA) mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL). Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan salah satu program yang diwajibkan bagi seluruh mahasiswa Jurusan Tarbiyah STAIN Pekalongan tak terkecuali mahasiswa Prodi PGRA. Hal ini disebabkan karena sebagai calon guru bagi anak usia dini, para mahasiswa Prodi PGRA dituntut untuk memiliki berbagai pengalaman tentang pengelolaan lembaga pendidikan anak usia dini secara rofessional, sehingga mereka harus belajar secara langsung terhadap lembaga pendidikan anak usia dini yang unggul dan berkualitas dalam hal manajemen kurikulum, manajemen SDM, manajemen keuangan dan pembiayaan, serta manajemen sarana dan prasarananya.

Kegiatan KKL ini diikuti oleh mahasiswa prodi PGRA angkatan kedua yang saat ini masih berada di semester V. Seluruh mahasiswa peserta KKL tersebut berjumlah 78 mahasiswa dengan didampingi 6 dosen pembimbing. Adapun sekolah yang menjadi tempat tujuan KKL kali ini yaitu TK Labschool UPI Bandung dan TK Alam Bandung. Kedua lembaga pendidikan tersebut dijadikan sebagai tempat tujuan KKL mahasiswa prodi PGRA karena memiliki berbagai program unggulan, fasilitas belajar yang lengkap, serta prestasi yang gemilang.   

Di hari pertama kunjungannya, mahasiswa peserta KKL mengunjungi TK Labschool UPI Bandung. Mereka tampak begitu antusias selama berada di lokasi KKL. Tidak sedikit dari mereka yang mengajukan beberapa pertanyaan kepada pihak pengelola terkait manajemen pengelolaan TK Labschool UPI Bandung. Seusainya, mereka mengunjungi tempat wisata Tangkuban Perahu dan Floating Market serta diakhiri dengan beristirahat di hotel.

up3

Keesokan harinya, kunjungan dilanjutkan ke TK Alam Bandung. Para mahasiswa peserta KKL juga tampak antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang ada di sana. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa kepada pihak pengelola TK Alam Bandung. Setelah itu, rangkaian kegiatan KKL pun ditutup dengan wisata belanja ke Cihampelas Walk Bandung.

efw23rf

Rangkaian kegiatan KKL tersebut diharapkan mampu menjadi pengalaman berharga serta pengetahuan baru yang nantinya dapat digunakan sebagai bekal untuk menjadi guru bagi anak – anak usia dini. (Chubbi Millatina)