Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan | IAIN Pekalongan

Sekilas Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

E-mail Print PDF
Dekan              :   Dr. H. M. Sugeng Sholehudin, M.Ag.
Wakil Dekan I   :   Dr. Hj. Sopiah, M.Ag.
Wakil Dekan II  :   Dr. H. Salafudin, M.Si.
Wakil Dekan III :   H. Abdul Khobir, M.Ag.

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan yang dulu bernama Jurusan Tarbiyah lahir pada tahun 1997 bersamaan dengan lahirnya STAIN Pekalongan yang secara resmi dibuka oleh Menteri Agama pada 30 Juni 1997 di Jakarta.

Bersamaan dengan tonggak sejarah diatas, saat ini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan terus berbenah diri dalam semua bidang. Sampai sekarang Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan sudah mengalami enam kali pergantian pimpinan, Pertama : Dr.  H. Chusnan B. Jaenuri, M.A., Kedua :Drs. H. Abd. Mu'in, M.A., Ketiga : Drs. H. Idhoh Anas, M.A., Keempat : Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag., Kelima : Drs. Moh. Muslih, M.Pd., Ph.D., dan Keenam : Dr. H. M. Sugeng Sholehudin, M.Ag.

Dari keenam kepemimpinan di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan telah membuat atmosfir dinamika prestasi yang membuat Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan diusia yang relative masih muda eksistensinya sudah dapat sejajar dengan Fakultas Tarbiyah di lingkungan Universitas Islam Negeri ( UIN ) dan Institut Agama Islam Megeri ( IAIN ). Puncak dari kerja keras Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan saat ini sudah terakreditasi B oleh Keputusan Badan akreditasi Nasional Perguruan Tinggi ( BANPT ) Nomor: 018/BAN-PT/Ak-X/S1/VIII/2007, pada tanggal 18 Agustus 2007.

Hingga saat ini, Jurusan Tarbiyah telah mengelola 4 program studi, yaitu : S1 Pendidikan Agama Islam (PAI), S1 Pendidikan Bahasa Arab (PBA), S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA). Selain itu juga Jurusan Tarbiyah telah menyelenggarakan program Kualifikasi S1 Guru PAI, program ini diperuntukan bagi guru-guru agama Islam yang belum mencapai sarjana.

A. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI)
Ketua Program Studi    :    Salafudin, M.Si.
Program Studi Pendidikan Agama Islam (S-1) menyiapkan calon tenaga kependidikan Islam profesional sebagai guru agama/sekolah, sebagai supervisor pendidikan maupun konsultan pendidikan. Untuk dapat menghasilkan lulusan yang memiliki komptensi yang handal, para pengajar pengampu mata kuliah S-1 PAI terdiri para ahli di bidangnya, dengan pengalaman yang cukup memadai, baik dari dalam maupun luar negeri, serta berpendidikan mulai dari S-2 hingga S-3, agar terbentuk sarjana pendidikan yang memiliki kompetensi tinggi. Para mahasiswa program S-1 PAI tidak hanya dibekali dengan teori-teori kependidikan Islam, melainkan juga dibekali dengan praktikum yang memadai.

B. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Ketua Program Studi    :    Muhamad Jaeni, M.Pd., M.Ag.
Program Studi Pendidikan Bahasa Arab mulai dibuka pada Tahun Akademik 2009/2010. Program Studi ini menyiapkan calon tenaga pengajar dalam bidang Bahasa Arab baik di Tsanawiyah maupun Aliyah. Untuk dapat menghasilan lulusan yang memiliki kompetensi yang handal, para pengajar yang mengampu mata kuliah S-1 Pendidikan Bahasa Arab terdiri dari para ahli di bidangnya, dengan pengalaman yang cukup memadai, baik dari dalam maupun luar negeri, serta perpendidikan dari S-2 hingga S-3. Para mahasiswa Program Pendidikan Bahasa Arab tidak hanya dibekali teori-teori pendidikan, melainkan juga dibekali dengan praktikum yang memadai.

C. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Ketua Program Studi    :    Ely Mufidah, M.S.I.
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah mulai dibuka pada Tahun Akademik 2013/2014. Program Studi ini menyiapkan calon-calon tenaga pendidik untuk Madrasah Ibtidaiyah, selain itu juga diproyeksikan sebagai tenaga konsultan dibidang pengembangan lembaga pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Untuk dapat menghasilan lulusan yang memiliki kompetensi yang handal, para pengajar yang mengampu mata kuliah S-1 Pendidikan Bahasa Arab terdiri dari para ahli di bidangnya, dengan pengalaman yang cukup memadai, baik dari dalam maupun luar negeri, serta perpendidikan dari S-2 hingga S-3. Para mahasiswa dibekali dengan berbagai ilmu ketarbiyahan  baik teori maupun praktek, dengan fasilitas sarana prasarana yang memadai seperti kelas dengan multimedia, perpustakaan, laboratorium komputer dan laboratorium Bahasa.

D. Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Ketua Program Studi    :    Siti Mumun Muniroh,S.Psi., M.A.
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah mulai dibuka pada Tahun Akademik 2013/2014. Program Studi ini menyiapkan calon-calon tenaga pendidik untuk lembaga-lembaga pra-sekolah, selain kompetensi sebagai pengajar dan pendidik di lembaga pra-sekolah seperti PAUD, RA TK, juga diproyeksikan sebagai tenaga peneliti dan konsultan dibidang tumbuhkembang anak usia dini dan mengembangkan lembaga pendidikan pra-sekolah. Untuk dapat menghasilan lulusan yang memiliki kompetensi yang handal, para pengajar yang mengampu mata kuliah S-1 Pendidikan Bahasa Arab terdiri dari para ahli di bidangnya, dengan pengalaman yang cukup memadai, baik dari dalam maupun luar negeri, serta perpendidikan dari S-2 hingga S-3. Para mahasiswa dibekali dengan berbagai ilmu ketarbiyahan  baik teori maupun praktek, dengan fasilitas sarana prasarana yang memadai seperti kelas dengan multimedia, perpustakaan, laboratorium komputer dan laboratorium Bahasa.